27 June 2018

Book Review | I Love You Dearly by Ria N. Badaria

Judul: I Love You Dearly
Penulis: Ria N. Badaria
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 9786020381558
Tebal: 304 halaman
Tahun terbit: 2018

Dania Rahardi Putri, yang sedang mengembangkan bisnis clothing line, tersasar di blog milik Lee Seok Hyun, fotografer asal Korea. Bermula dari komentar di blog lalu saling berkirim surel, keduanya semakin intens berkomunikasi. Dania yang juga menggemari fotografi merasa menemukan teman yang klop.

Menekuni fotografi adalah cara Lee Seok Hyun untuk membunuh kesedihan dan rasa sepi. Dunianya mendadak berubah setelah mengenal Dania. Keceriaan, optimisme, dan antusiasme gadis itu telah menciptakan debar serta pertanyaan penuh harapan. Apakah ia jatuh cinta pada Dania? 

Meski kerap terjebak dalam kesibukan pekerjaan, Raka selalu berusaha menyisihkan waktu untuk berkomunikasi dengan kekasihnya, Dania. Belakangan, ia merasa ada yang aneh dengan sikap gadis itu. Ia memercayai Dania, tapi ada hal-hal yang menggelitik pikirannya. Apakah Dania berselingkuh?
 
Sesungguhnya, Dania tidak mau kehilangan persahabatannya dengan Lee Seok Hyun dan tidak ingin merusak hubungannya dengan Raka. Namun, bagaimana jika Dania harus memilih? Apakah pilihan Dania akan membuatnya kehilangan keduanya?

Kecintaannya pada bidang fotografi membuat Dania kesulitan melepas tatapannya dari foto-foto yang terpampang cantik dalam sebuah blog pribadi. Mulanya dia iseng menyablon desain kemeja menggunakan gambar di blog itu, dan jatuhnya sangat bagus. 

Sebagai fashion designer sekaligus pemilik clothing line, Dania merasa ide sablon itu bagus sekali demi perkembangan bisnisnya. Itulah yang mengantarkan Dania terlibat percakapan lewat e-mail dengan cowok Korea bernama Seok Hyun. Dia adalah pemilik blog berisi foto-foto cantik yang dikagumi Dania. Komunikasi antara Dania dengan Seok Hyun makin sering. Bahkan mereka udah nggak chattingan lagi, berganti pakai Skype. Seketika Dania lupa kalau dia sedang LDR sama Raka.
 
"Aku akan datang ke Korea... Aku akan berkunjung ke negaramu."

Terlalu sempit pikiran Dania jika datang ke Korea hanya untuk bertemu Seok Hyun. Benar, dia punya prioritas yang mengharuskannya pergi ke Korea. Bisnis clothing line yang dia jalankan bersama sahabatnya sedang dalam kondisi yang nggak baik. Dengan alasan ingin melakukan riset soal fashion ke negeri gingseng, akhirnya Dania tiba di Seoul. Meski sendirian, Dania nggak merasa kesulitan karena Seok Hyun membantunya. Dia nggak perlu ribet memikirkan tinggal di mana karena sudah dipesankan hotel mewah oleh Seok Hyun.

Pun dengan tujuan risetnya, Dania merasa bebannya ringan karena Seok Hyun membantunya keliling-keliling tanpa keberatan. Sebaliknya, Seok Hyun senang bukan main. Perkenalannya dengan Dania mengubah hari-harinya. Kosong, sepi, dan istilah sejenisnya yang menggambarkan perasaannya sejak kecil seketika hilang.

Perasaan Seok Hyun makin nggak baik setelah Dania pulang ke Jakarta. Dia rindu Dania. Ketika dia ingin melepas rindu, dia harus menelan sebuah kenyataan pahit. Mau nggak mau Seok Hyun harus menata perasaannya sendiri terhadap Dania. "Berusahalah untuk melupakannya. Kau mungkin merasa luar biasa terluka, tapi kehilangan semangat untuk bertahan karena terluka, sama sekali bukan pilihan tepat." (hal 204).

Ketika Seok Hyun berusaha menerima kenyataan, Dania justru uring-uringan. Dan Raka menangkap jelas perubahan sikap Dania akhir-akhir ini. Apa yang membuat Dania berubah sikap? Siapa yang akan dipilih Dania, Seok Hyun atau Raka? 

Membaca novel ini, perasaanku kayak diobrak-abrik. Di balik ending yang bikin nangis-nangis, terselip pesan yang dalem banget. Itu sebabnya aku harus baca novel Ria N. Badaria lainnya. I Love You Dearly mengangkat kisah sepasang kekasih yaitu Dania dan Raka yang hubungannya adem ayem, kemudian terlibat konflik pelik dengan cowok Korea bernama Seok Hyun. Dirangkum secara sederhana, namun menarik banget untuk dinikmati. Tiap chapternya kayak mengandung magnet yang bikin aku pengen ngelanjutin baca chapter demi chapter.

Asiknya, meskipun bersetting campuran, alurnya nggak membingungkan lho. Gaya bahasanya disesuaikan sama settingnya, jadi imajinasiku tertata rapi. Pemakaian gaya bahasa ketika menceritakan kejadian di Jakarta berbeda dengan gaya bahasa ketika menceritakan kejadian di Seoul.

Sebenernya agak nggak ikhlas sama ending-nya, tapi setelah dipikir-pikir, mau Dania dengan Seok Hyun atau Raka yang terpenting pesan apa yang bisa aku ambil dari baca bab awal sampai akhir. Aku cukup terharu dengan interaksi Seok Hyun dengan hyung-nya, mereka itu sibling goal banget. Buat pembaca laki-laki yang punya kakak atau adik laki-laki, pasti langsung merenung deh sehabis baca novel ini.

Ada beberapa adegan yang membuat aku terkesan, salah satunya waktu Raka ingin memberi kalung untuk Dania namun sudah ada kalung lain di leher Dania, kalung yang diberikan Seok Hyun. Ini adegan yang paling mendramakan sampai aku harus nahan nyesek. Adegan lainnya, tentu aja semua bagian yang menggambarkan hiruk pikuk kota Seoul dan tempat-tempat lainnya. 

Nah, kalau kalian lagi pengen baca korean story tapi tetap ada cerita lokalnya, butuh bacaan romance, atau bahkan lagi menjalin hubungan kayak Dania dan Raka, maka jangan lewatkan novel ini ya. Overall, novel ini sangat aku rekomendasikan karena cukup inspiratif jika dikaitkan dengan hubungan dua orang, baik lawan jenis maupun hubungan saudara.